Minggu, 29 Oktober 2023

8 Rekomendasi Buah yang Aman Untuk Diabetes


Buah yang aman untuk diabetes rupanya tidak sembarang buah. Banyak sekali aturan makan yang sebaiknya menjadi pedoman saat akan mengonsumsinya. Sebagaimana yang banyak orang ketahui, bahwa penderita diabetes memiliki pantangan yang harus diperhatikan betul. 

Jika Anda memiliki diabetes, penting untuk memahami pengaruh makanan terhadap kadar gula darah Anda. Beberapa jenis buah yang lebih rendah dalam gula dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes antara lain sebagai berikut. 

8 Rekomendasi Buah yang Aman Untuk Diabetes

Beri

Buah Blueberry

Seperti stroberi, blueberry, dan raspberry. Beri mengandung serat tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah. Buah berry dapat mudah anda jumpai pada daerah yang dingin atau dataran tinggi. Namun ada juga supermarket tertentu yang menjualnya. 

Baca Juga : 10 Kiat Sehat Menjaga Kebutaan Permanen Akibat Diabetes

Apel

Buah Apel hijau

Apel adalah buah dengan serat tinggi dan indeks glikemik yang relatif rendah. Pastikan untuk memakan apel dengan kulitnya karena serat terbanyak terdapat di kulitnya. Sebagian orang yang memiliki kadar gula tinggi mengonsumsi apel dengan cara mengukusnya terlebih dahulu. 

Pir

Buah Pir Kukus

Pir adalah sumber serat yang baik dan juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Kandungan air dalam buah pir juga lumayan banyak. Sehingga dapat menetralisir kadar gula yang banyak dalam darah anda. 

Jeruk

Buah Jeruk

Jeruk memiliki serat dan vitamin C. Namun, pastikan untuk mengonsumsi jeruk utuh alih-alih jus jeruk, karena jus jeruk dapat memiliki kandungan gula yang lebih tinggi.

Kiwi

Buah Kiwi

Kiwi mengandung serat, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya. Namun, konsumsi harus dalam jumlah terbatas karena kiwi yang sudah benar-benar matang mengandung gula yang relatif tinggi.

Delima

Buah Delima

Delima mengandung antioksidan kuat dan serat, dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah delima sangat baik bagi penderita diabetes, karena secara tidak langsung sistem imun tubuh juga akan semakin kuat. 

Alpukat

Buah Alpukat

Meskipun biasanya dianggap buah, alpukat memiliki kandungan gula yang sangat rendah dan tinggi lemak sehat. Sebaiknya mengonsumsi alpukat secara rutin, agar memiliki tenaga yang berasal dari lemak sehat dalam alpukat. 

Buah berry lainnya

Selain stroberi, blueberry, dan raspberry, buah seperti cranberry dan blackberry juga bisa menjadi pilihan baik.

Penting untuk membatasi porsi dan mengawasi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi dari buah, karena karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk menentukan jumlah dan jenis buah yang tepat untuk Anda, karena kebutuhan nutrisi dapat berbeda-beda antarindividu, terutama pada penderita diabetes.


EmoticonEmoticon